The Music


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

my name is

My photo
Pamulang, Indonesia
damn my education, i can't find the words to say about the things caught in my mind. always dreaming, never realizing. the in-between girl, trapped in reality while longing for the fantasy. have a thing for Noel Gallagher and obsessed with UK.

Nov 7, 2008

ALL HAIL OBAMA !




pemilihan presiden AS baru aja berlangsung tanggal 4 november kemaren. it turns out Barack Obama lah yang keluar sebagai pemenang, ngalahin senator John McCain. keren deh. seluruh dunia nyambut kemenangannya mr. Obama, gak terkecuali Indonesia (di metro TV aja ampe 2 hari berita tentang Obama melulu ~_~). dunia naro harapan yang tinggi banget atas Obama. kita semua berharap Obama bisa merestorasi Amerika selepas kekacauannya di tangan Bush. emang apaan aja sih kelebihan Obama? kok bisa yaa seluruh dunia berpihak ke Obama dibanding McCain? diliat dr electoral votes nya aja, McCain udah kalah jauh dibanding Obama (162 : 364). diliat dr pendukungnya yang ngumpul waktu pidato kemenangan Obama dan pidato kekalahan McCain, jumlahnya udah beda banget. tapi kerennya tuh mereka berdua sportif. yang menang menghargai yang kalah, dan yang kalah pun menghormati yang menang. gak ada tuh yang namanya dendam kesumat gara2 lawan politiknya menang. beda banget ya sama disini.

kalo menurut gw nih, faktor yang menjelaskan knapa banyak orang yang "cinta" sama Obama adalah sebagai berikut:

1. dia itu dibesarkan di berbagai budaya yang berbeda (Amerika-Kenya-Indonesia) shingga dia pun dengan mudah nyerap berbagai budaya yang ada di dunia.
2. cara dia untuk narik massa juga gaul, man. dia bikin YouTube, Facebook, MySpace, Flickr, Twitter, dan banyak lagi account social networking lain. jadi buat orang2 yang pengen tau aktivitas obama atau perjalanan obama sampe ke presiden-terpilih bisa langsung akses ke situs2 itu tadi. langsung dari sumber terpercaya!!
3. gaya politik dia yang baru dan beda--sedangkan John McCain hampir sama--dengan George W. Bush. orang-orang dari seluruh dunia dan warga Amerika khususnya pengen banget ada perubahan dari sistem pemerintahan Bush yang kolot. dan Obama menawarkan perbedaan itu.
4. walaupun kedua bapaknya (biological father & stepfather) itu menganut agama Islam, dia adalah penganut Christian, yang menurut gw adalah fakta yang bagus karna untuk hal beginian di sana masih jadi isu sensitif--the major americans point-of-view on how Islam is a Terrorist (inget ya, the major AMERICANS, bukan keseluruhan warga amerika atau gw)--jadi memungkinkan dia untuk mengambil hati para voters alias warga Amerika yang notabene adalah mayoritas kristen.
5 . janjinya dia untuk narik tentara Amerika di Irak secara bertahap mau gak mau jadi salah satu faktor juga kenapa orang-orang pada milih dia dan kepengen dia jadi presiden.
6. dia gak mengecilkan, menjelek-jelekkan, atau menekan lawan politiknya atas kecacatan apapun yang pernah mereka perbuat supaya dirinya lebih populer. no, he doesn't do that. dia cuma menjelaskan fakta, bukan omongan asal supaya bisa ngerebut hati simpatisan. itu yang ngebuat pertarungan Obama-McCain jd fair and sportif.
7. all of his speeches were great. gw paling demen sama kata2nya yang ini:
"It's the answer spoken by young and old, rich and poor, Democrat and Republican, black, white, Latino, Asian, Native American, gay, straight, disabled and not disabled - Americans who sent a message to the world that we have never been a collection of Red States and Blue States: we are, and always will be, the United States of America." ~Obama's president-elect speech on November 4th, 2008
hmm. coba kalo di indonesia kayak gini. jadi semuanya nyatu, jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh. pasti gak bakal ada perselisihan dimana-mana. *wondering*


all in all, demokrasi di Amerika emang waaaaaaaaaaaaaaaaaaayyyy much better than here in Indonesia. we should look upon them. tiru apa yang terjadi di antara Obama dan McCain. sportif dan saling mendukung. dan itu berlaku bukan hanya bagi petinggi-petinggi di Indonesia doang, tapi untuk kita semua warga Indonesia!!

jangan dikit2 ngamuk, kalah dikit ngerusak. buang lah jauh2 tindakan2 destruktif. yang rugi kan kita juga. apa gunanya ngerusak kantor pemerintahan kalo cagub yang kita pilih gak keluar sebagai pemenang? apa gunanya tawuran antar-fakultas--yang menurut gw, malah ngebuat mahasiswa semakin rendah di mata masyarakat--gak ketulungan cuma karna salah satu mahasiswa ada yang bentrok? apa gunanya demo melulu sampe ngeributin hal yang kecil sekalipun? *sekali sekali demo gk apa-apa. tapi kalo bentar-bentar demo, it's wasting time and energy, u know* justru dengan sikap-sikap itulah, kita mengakui kalo kita itu kalah. where's the dignity on that??

coba lah contoh sikap McCain, walaupun kalah tapi dia tetep bangga dan puas atas pencapaiannya. dia bahkan pengen kerjasama sama Obama untuk sama2 membangun Amerika untuk jadi lebih baik. bukannya malah nyiapin segala rencana untuk ngejatohin Obama dari tahta kepresidennya. we should follow America on this one!! jadi buat om-om dan tante-tante lawannya SBY, tirulah McCain. jangan ngejatohin image SBY di mata masyarakat dong om, te.. jangan kejelekannya aja terus yang diomongin.. kan banyak juga lhoo prestasi2 SBY yang patut dibanggain.. coba kalo om dan tante semua jadi presiden, bisa nggak jadi presiden yang mendahulukan kepentingan rakyatnya dibandingin kepentingan sendiri? om dan tante perhatiin deh, kantung matanya SBY. semakin berat dan semakin menghitam kan oom, te?? kasian tau dia, kurang tidur mikirin utang Indonesia karna duitnya di korup terus sama om-om dan tante-tante semua.. *welehweleh malah jadi mengkritik lawan politik SBY gini*


satu hal yang gw harepin. mudah2an nasibnya Barack Obama gak seperti nasib John F. Kennedy yang tragis...

1 comment:

swhanez said...

OBAMA - yes we can!!
haha
great exposition cha.
thank you for the explanation.
hagz.