The Music


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

my name is

My photo
Pamulang, Indonesia
damn my education, i can't find the words to say about the things caught in my mind. always dreaming, never realizing. the in-between girl, trapped in reality while longing for the fantasy. have a thing for Noel Gallagher and obsessed with UK.

Dec 4, 2008

Becoming Jane vs The Invasion


hari ini adalah hari dimana semua tugas yang bikin gw bosen idup banyak yang tereliminasi satu persatu, dan yang tersisa hanyalah tugas2 revisi dari tugas sebelumnya. huff. finally. i can move on with my life. hahaaa.
karena itu juga gw jadi agak santai hari ini, gak diburu2 waktu, dan gak deg-degan terus kalo inget kuliah. jadinya hari ini i can catch up my dvd-watching di rumah karena buanyaaaakkk banget dvd2 gw yang menunggu gw tontonin karena emang belom sempet gw tonton2. (iya, beli nya demen nonton kaga sempet2. hihihi)
i forgot how i love watching dvds *ga deng lebai gw hihihi*.

film yang terpilih untuk menemani gw nonton hari ini adalah Becoming Jane dan The Invasion. gw mau cerita dikit doong tentang film2 yang gw tonton, boleh kaann?? boleh yaa boleh hehehee

Becoming Jane itu nyeritain tentang kisahnya Jane Austen.
penulis kondang yang nulis novel Pride and Prejudice (filmnya dibintangin sama Keira Knightley) itu. karena Jane Austen idup di akhir tahun 1700an so pasti settingnya juga sekitar tahun segitu. tahun dimana wanita disibukkan oleh korset dan kereta kuda masih jadi alat transportasi umum. gw skarang2 ini emang lagi suka sama film yang settingnya begitu. setting klasik. mulai dari Pride and Prejudice, Marie Antoinette, Atonement, The Other Boleyn Girl, sampe film ini juga. apalagi yang berdasarkan kisah orang2 terkenal jaman dulu. soalnya gw jadi bisa sekalian belajar sejarah, terutama sejarah inggris, gw juga bisa ngebandingin gaya hidup orang jaman dulu dengan jaman sekarang
(ngomongin perbedaan, kalo masalah hubungan lawan jenis, gw sadarin ternyata jaman dulu juga bule2--no offense buat orang bule yaa--masih pada sopan dan tau diri, gak kayak sekarang yang main sradak-sruduk dan penuh hawa nafsu--if u know what i mean)
. oh iya di film ini yang main jadi Jane Austen adalah si-cantik-yang-tak-bercacat-Anne Hathaway, dan yang jadi lawan mainnya adalah James McAvoy.

inti dari film ini yaa kisahnya si Jane Austen ini, mainly adalah gimana kehidupan dia bisa jadi inspirasi novel2nya, terutama di film ini adalah novel Pride and Prejudice. makanya ceritanya jadi agak2 mirip gitu. Jane dan Elizabeth Bennet (main character di P&P) yang gak mau menikah tanpa adanya kasih-sayang, sama2 dilamar oleh pria unattractive (bagi mereka) karena mereka justru lagi cinta sama yang lain,
male lead character yang sama2 sombong dan arogan (pada awalnya), dan banyak lagi yang lain.

ada hal yang lucu juga waktu gw nonton film ini. pas gw nonton dan ngikutin ceritanya, gw ngerasa kayak udah nonton film sebelumnya. tapi dasar gw emang pikun, gw lupa film apa. gw juga sempet mikir kalo peran Jane Austen lebih cocok kalo diperanin sama Keira Knightley, secara mereka (Austen & Knightley) sama2 orang inggris, beda sama Hathaway yang orang Amerika (tapi logat british-nya dahsyat!). lagi juga gw sering ngeliat si Keira main film2 klasik kayak Pride & Prejudice, Atonement dsb. gw tontonin lagi kan tuh ceritanya, lama2 gw jadi mikir, "ni film kayaknya uda pernah gw tonton sebelumnya, deh." tapi seinget gw juga gw belom pernah nonton film dengan judul Becoming Jane sebelumnya. gw mikir2 lagi, "kayaknya ada film lain deh, yang sama.. bahkan film itu dibintangin sama Keira! duhh tapi film apa yaa??" nah, disinilah gw mulai mengacak-adul memori2 lama yang udah kesimpen dengan rapih di otak. gw kepikirannya kalo ni film sama dengan film Atonement, filmnya Keira yang dibintangin juga sama James McAvoy. tapi gw mikir lagi, Atonement kan setting nya uda agak lebih modern daripada film ini, lagian juga itu sama sekali bukan cerita tentang Jane Austen. ternyata disinilah gw salah asosiasi informasi dalam otak. gw mikir karena dua-duanya dibintangin James McAvoy dan sama2 film klasik, dan lagi setengahnya gw mengharapkan kalo Keira Knightley yang main di Becoming Jane, jadinya otak gw menyimpulkan Atonement-lah yang jadi film serupa. padahal mah bukaaann!! gw baru sadar setelah mendekati akhir film, dimana si Jane udah agak menua dan berhasil jadi penulis kondang, novelnya yang berjudul Pride and Prejudice disebut2. ternyata film serupa yang pernah gw tonton itu adalah Pride and Prejudice!!
lucu aja gitu, ternyata semuanya saling berkesinambungan. Pride & Prejudice adalah novel yang terinspirasi dari kisah idupnya Jane Austen, yang dibintangin oleh Keira Knightley. Keira dan James McAvoy main bareng di film Atonement. karakter James McAvoy (Tom Lefroy)dalam Becoming Jane adalah inspirasi Jane Austen untuk Mr. Darcy, male character di Pride and Prejudice. belum lagi gw mengharapkan Knightley yang jadi Austen, bukan Hathaway. masuk akal juga sih kalo gw sampe salah ngira film! hehehehee. tapi setelah gw pikir, gw tau knapa Keira gak dipilih jadi Austen. masa penulisnya (Jane Austen) mau diperanin sama orang yang sama dg yang jadi karakter yang dia bikin (Elizabeth Bennet)??

film kedua yang gw tonton adalah The Invasion. film ini bener2 beda 360o (loh? tetep di tempat dong??--180o deng, hehee)sama film tadi. yang ini buatan amerika, yang tadi buatan inggris. yang ini film thriller, yang tadi drama. nyeritain tentang invasi makhkuk non-bumi (yeea, typical of american horror movies), yang tadi tentang hubungan (love, mainly) antar manusia. pokoke beda baannjjet deh. hihii.
kalo film yang ini dibintangin sama Nicole Kidman (Carol Bennell), yang bukan asli amerika tapi orang australia. dia dibantu sama Daniel Craig (Ben Driscoll), si James Bond edisi terbaru, jadi cowoknya Carol Bennell dan Jackson Bond (sumpah ini beneran nama aslinya dan benar2 tidak disengaja), yang jadi Oliver Bennell, anaknya Carol. ceritanya standar abis, about humanbeings who are suddenly changed after the alien-invasion on earth. biasalah, tingkah laku mereka jadi aneh, lain dari biasanya, dan (sebetulnya) kentara banget perbedaannya sama orang2 'normal'. ujung2nya juga udah bisa ditebak, tokoh utama selalu selamat pada akhirnya dan dunia kembali seperti sediakala, kembali normal. ide cerita yang diulang-ulang, jalan ceritanya juga diulang-ulang, paling cuman beda inti ceritanya doang.

gitu deh. bener2 beda banget kedua film ini. di postingan gw selanjutnya gw bakal ngebahas perbandingan antara film inggris dan film amerika, terutama berdasarkan kedua film ini (dan film2 yang udah gw tonton, tentunya). just wait and see, people. skarang sampe disini aja dulu. okok??

ohya. penilaian gw buat pelem-pelem ini. bintang 4 buat Becoming Jane dan bintang 3 buat The Invasion, gw kasi nilai tambah buat Nicole Kidman yang maennya pol banget disitu. muehehehe.

No comments: